Perbedaan Motor Carburator dan Injeksi kelebihan & kekuranganya

Perbedaan Motor Carburator dan Injeksi kelebihan & kekuranganya

Perbedaan Motor Carburator dan Injeksi kelebihan & kekuranganya, Aufaproject46.com- Hallo Masbro, salah satu dari kalian mungkin masih benyak yang belum mengerti tentang perbedaan antara motor karburator dan motor injeksi, jika belum ya wajar saja sih karena pembahasanya mungkin cukup teknisi.

walapun begitu, bukan berarti kamu tidak perlu mengerti, dengan memahami tentang perbedaan antara motor injeksi dan motor sistem karburator.

justru kalian akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari kedua sistem tersebut, dan kamu akan lebih mengenal motor kasayangan kalian semua.

Jika kalian memahami kedua sistem tersebut, bila suatu saat nanti ada kerusakan pada motor kalian tentu akan semakin mudah untuk memperbaikinya,

Mesin motor dengan sistem karburator memang sudah ada lebih dahulu, jauh sebelum teknologi injeksi di luncurkan.

Namun dengan seiring berkembang nya teknologi, tegnologi karburator mulai ditinggalkan, semua pabrikan mulai berganti ke teknologi full injection.

Para produsen bukan tanpa alasan meninggalkan sistem teknologi karburator ini, produsen menilai adaptasi teknolgi fuel injection ini jauh lebih irit konsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan dan lebih praktis untul digunakan.

motor-motor dengan sistem teknologi karburator saat ini sudah mulai jarang terlihat, sebab semua motor-motor keluaran terbaru hampir sudah menggunakan teknologi injeksi, walaupun begitu bukan berarti eksistensinya motor dengan teknologi larbutor ini hilang,

Masih banyak kok beberapa kuda besi baru yang masih menggunakan teknologi karburator, salah satu contoh nya yaitu motor racikan pabrikan kawasaki dengan Lebel W175, Dan SYM V16, Dan masih banyak lainya.

Yang jadi pembahasan saat ini apasih sebenarnya yang membedakan antara motor dengan teknologi karburator dan motor dengan teknologi fuel Injection? Nah lewat artikel ini kami coba menjelaskan perbedaan kedua teknologi tersebut, Monggo disimak baik-baik.

Plus Minus Motor Karburator Dan Injeksi

Perbedaan Motor Carburator
Perbedaan Motor Carburator

Kedua teknologi tersebut tentu mempunyai fungsi yang sama tidak ada bedanya, kedua teknologi tersebut sama-sama berfungsi untuk menyampurkan udara bersih dengan bensin pada takaran tertentu, agar terjadi pembakaran yang optimal pada bagian ruang mesin.

Motor injeksi diklaim lebih irit bahan bakan dibanding dengan motor karburator

Letak perbedaan yang terlihat mencolok antara teknologi karburtor vs injeksi yaitu pada komponen-komponem yang terlibat.

Motor dengan teknologi fuel injection, sistem penyemprotan bensin ke ruang bakar lebih mengandalkan system elektronik serta di ataur oleh elektronic control unit (ECU)

Tentunya dengan berbagai macam bantuan sensor, Mulai dari sensor temperatur udara, 02, bukaan gas buang atau throttle, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, karena semuanya sudah dikontrol secara electronik, maka campuran udara dan bensin yang di hasilkan dan masuk ke ruang bakar itu lebih presis.

Dengan begitu, sistem pembakaran pada masin juga akan lebih sempurna, makanya motor dengan teknologi injeksi ini bisa dibilang lebih ramah lingkungan labih efisien lebih irit bahan bakar dibanding dengan motor dengan teknologi karburator.

Sedangankan motor dengan sistem karburator, masih mengandalkan komponen mikanis, Artinya, sistem penyemprotan bahan bakar masih di bener-bener dilakukan secara manual dengan mengandalkan sistem pergerakan buka dan tutup skep.

Sehingga ke presisian yang dihasilkan antara campuran bensin dan udara sangat bergantung pada pilot jet, Main jet, serta lubang karburator dan lanin sebagai nya.

Menghidupkan Motor Untuk Memanaskan Mesin

Perbedaan Motor Carburator

Motor dengan teknologi karburator biasanya memiliki panel Choke, atau kalau orang jawa menyebut nya dengan nama CUP,

Komponen tersebut guna untuk memudahkan para pemilik nya untuk menghidupkan mesin, pernahkah kalian saat ingin menghidupkan mesin motor kalian di pagi hari mengalami kesulitan? hal itu biasa nya terjadi pada motor karburator

Tau enggak penyebabnya apa? penyebabya adalah udara dingin membuat kerburator kesulitan dalam menyampurkan antara udara dan bensin.

Yups, mikanisme komponen yang ada pada radiator sistem penyemprotan bahan bakar nya memang sangat rentan terhadap perubahan cuaca.

Jika sudah begitu, solusi yang dapat anda lakukan saat motor karburator kalian sulit untuk dihidupkan yaitu menarik tuas Choke Atau CUP.

Letak choke pada motor karburator yaitu berada dibawah setang bagian kiri, ada juga yang terletak didekat karburator nya.

Nah fungsi dari choke sendiri untuk melepaskan aliran bahan bakar agar mengalir lebih deras dari biasanya. dengan begitu, proses penyampuran antara bahan bakar dan udara menjadi lebih mudah tercapai.

Jika penyampuran udara dan bahan bakar sudah berhasil, maka otomatis mesin motor kalian akan aktif kembali, dan inilah salah satu perbedaan antara motor injeksi dan motor karburator.

Sedangkan kelebihan pada motor injeksi, kemungkinan mesin motor akan sulit di nyalakan pada pagi hari itu hampir tidak ada.

Pasal nya Motor dengan teknologi injeksi semua gerakan komponen untuk menyampur antara udara dan bensin semua sudah di gerakan dengan macam-macam sensor, seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Oleh sebab itu, menyalakan mesin motor injeksi akan terasa mudah walaupun saat dalam keadaan cuaca dingin, motor injeksi akan menyesuaikan perubahan suhu tersebut dengan optimal.

Bahan Bakar Lebih Irit Motor ijeksi Atau Karburator

Perbedaan Motor Carburator

Salah satu kelebihan motor injeksi yaitu dalam konsumsi bahan bakar, motor dengan sistem injeksi cendrung lebih irit BBM dibanding Motor karburator.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, Perbedaan antara motor karburator dan injeksi ada pada konsumsi bahan bakar nya.

Motor dengan sistem teknologi injeksi ternyata lebih irit bahan bakarnya, dan lebih ramah lingkungan jika dibanding dengan motor karburator

Mengapa begitu? motor injeksi ternyata banyak memiliki electronik canggih, seperti adanya sistem electronik yang membuat proses penyampuran antara udara dan bensin menjadi lebih tepat dibanding motor karburator

Sisa-sisa bensin yang mengalir pada ruang bakar pun diatur secara presisi menggunakan beragam sensor, tak hanya tergantung pada bukaan selongsong gass. alhasil efek tingkat keborosanya pun bisa di minimalkan.

Apalagi motor-motor injeksi saat ini, Motor injeksi masakini sangat kaya fitur canggih, salah satunya teknologi yang bernama idling stop system (ISS) yang hampir semua motor matik honda telah memakai teknologi tersebut.

Ada juga system mode berkendara yang telah digunakan pada motor sport honda seperti Honda CBR 250RR.

Sementara untuk motor karburator, sisa-sisa jumlah bensin yang mengalir pada ruang bakar itu tergantung pada bukaan throttle.

Semakin dalam pengendaranya dalam menguntir gas maka otomatis sisa-sisa bensin akan semakin deras mengalir

Jadi irit atau boros nya mesin motor karburator itu sangat bergantung pada cara pengendaranya memainkan gass.

Perawatan Rutin

Perbedaan Motor Carburator

Anda juga dapat mengerti perbedaan antara motor injeksi dan karburator dalam segi perawatan ataupun servis rutin yang harus dilakukan.

Perawatan motor injeksi itu cukup mudah, motor injeski minimal perawatan, cuma harus rajin-rajin membersihkan filter udara.

Sebenarnya dalam hal perawatan baik itu motor injeksi atau motor karburator, jika tidak diservis secara rutin ya pasti mengalami kerusakan,

Namun disini motor karburator membutuh kan yang lebih, merawat motor karbutor itu cukup ekstra,

Motor karbutor biasanya dilakukan pengecekan dan pembersihan tiap pergantian oli tau dalam 4.000 Km.

Namun servis motor karbutaor itu cukup sederhana dengan membongkar komponen karburatur satu persatu lalu dibersihkan setiap komponen nya, biaya servis nya pun cukup terjangkau cuma Rp 60 ribuan saja sudah sekalian tune up.

sementara perawatan motor injeksi itu tidak perlu di servis terlalu sering, perawatanya cukup mengganti oli yang rutin lalu bersihkan filter udara pada saat pergantian oli.

Untuk membersihkan atau servis injektor itu biasanya dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Nah disinilah letak kesulitanya motor injeksi, proses membersihkan injektor ini agak sulit karena ada komponen-komponen elektronik nya.

Untuk proses membersihkan injektor ini kami sarankan di lakukan di bengkel resmi, dan biaya servis nya pun lebih mahal di banding biaya servis karburator, mulai Rp 85 ribuan dan termasuk tune Up.

Karburator lebih Mudah Dimodifikasi
Perbedaan Motor Injeksi
Perbedaan Motor Carburator

Motor karburator lebih mudah dalam penyetelan irit dan boros bahan bakar nya, jadi bagi para penggemar kendaraan roda menjadi lebih leluasa untuk menyetel boros atau irit nya sang kuda besinya, pasal nya modifikasi motor menjadi hoby yang tidak bisa tergantikan.

Modifikasi karburator biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa motor tersebut agar lebih ngacir, Dan inilah salah satu keunggulan dari motor karburator,

Sebab untuk memodifikasi motor karburator itu tidak terlalu banyak membutuhkan alat-alat.

Contohnya, anda ingin menyetel motor agar lebih irit, cukup memutar skep gas dan udara menggunakan obeng.

Jika ingin mengganti komponen pada karburator motor dengan versi aftermarket atau racing itu tidak semahal komponen motor injeksi.

Harga suku cadang karburator motor itu lebih bersahabat, tentu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak

Berbeda dengan komponen motor injeksi, jika kamu ingin meningkatkan kecepatan atau performa motor injeksi kalian, Anda harus menyiapkan bajet yang lebih banyak

Karena untuk meningkatkan performa motor injeksi itu harus dilakukan di bengkel-bengkel tertentu

Belum lagi komponen lainya, seperti alat yang mendukung untuk melakukan custom dan komponen-komponen yang terbilang lebih mahal dibanding motor karburator

Motor injeksi atau Motor karburator?

Perbedaan Motor Carburator

Memang saat ini motor injeksi lebih dominan digunakan oleh berbagai produsan pabrikan motor

Setelah kalian mengetahui perbedaan anatara motor injeksi dan motor karburator, kamu lebih memilih yang mana?

Motor injeksi memang lebih irit bahan bakar ramah lingkungan lebih efisien dan yang penting lebih minim perawatanya.

Walaupun bagitu motor injeksi bukan berarti tidak memiliki kekurangan, Salah satu kekurangan motor injeksi yaitu ketika salah satu komponen mengalami kerusakan maka kamu harus menyiapkan kocek yang lebih.

Lalu untuk melakukan servis, motor injeksi tidak bisa diservis disemua bengkel pinggir jalan, tidak semua bengkel pinggir jalan jelek ya, banyak kok yang lebih bagus dari bengkel resmi.

Namun akan lebih aman jika di servis dibengkel resmi, sebab bengkel resmi mempunyai peralatan servis yang lebih lengkap

Motor karburator memang lebih dan tudak ramah lingkungan, Namun walaupun begitu , sistem motor karburator ini sangat mudah dalam segi perawatan.

Semua bengkel pasti bisa melakukan servis motor karburator, selain itu harga-harga sparepart karburator itu labih terjangkau, dan mudah dalam melakukan modifikasi

Kesimpulanya

Semua motor, mau itu motor injeksi atau motor karburator, kalian harus memperhatikan dalama segi perawatan keduanya harus sama-sama dirawat dan diservis secara berkala, Motor yang dirawat dengan baik tentu akan lebih panjang umur pakai nya serta akan menyenangkan ketika diajak berkendara

Nah itulah masbro, informasi tantang perbedaan antara motor Injeksi dan Motor karburator, semoga bermamfaat

Bagikan:

Tinggalkan komentar