Kerusakan Pada Sistem Pengereman 

0
38

Kerusakan Pada Sistem Pengereman 

Otomotif46.com Halo, selamat datang di web site kami. Kalau ingin tetap dapat informasi terbaru, silahkan ikuti website kami. Terima Kasih!

KERUSAKAN PADA SISTEM REM

MENCARI TAU GEJALA KERUSAKAN REM

Di saat anda memakai kendaraan dari sekian waktu, anda tentu pernah rasakan ketidaksamaan yang anda rasakan, terkadang pedal rem berasa aneh, terkadang kedengar suara berdecit, atau peristiwa yang lain membuat terkejut anda…wahh..mengapa nich.. Nah saat ini kita akan ulas apa yang dapat anda diagnosis dari tanda-tanda rem barusan..

Pertama kali kita harus ketahui dahulu bagaimanakah cara kerja rem, rem bekerja dengan mengubah style gesek untuk hentikan kecepatan kendaraan. Di saat anda mendesak pedal rem, minyak rem akan mengucur ke pipa rem dan mendesak piston dan dilanjutkan ke kampas rem, selanjutnya bersinggungan dengan teromol atau cakram dan hentikan pergerakan putarannya. Makin kuat penekanan yang diberi pada pedal rem makin kuat penekanan yang diserahkan ke teromol atau cakram dan makin cepat kendaraan stop. Nah saat ini anda sudah tahu bagaimana rem bekerja.

Sesudah anda ketahui langkah kerja rem saat ini kita ulas permasalahan pertama, apa yang terjadi jika sistem rem alami kebocoran. Jika mekanisme rem alami kebocoran karena itu udara akan masuk ke mekanisme rem, dan pedal rem akan berasa “memantul”. Sama seperti yang disebutkan ama “Bernouli” jika cairan bisa melanjutkan penekanan tanpa kehilangan force (daya) sedikitpun. Nah bila mekanisme rem anda alami kebocoran karena itu penekanan pedal rem tidak aka sesuai yang anda beri sebab ada udara di dalamnya. Begitupun jika kampas rem anda mulai tipis karena itu tanggapan untuk stop akan makin lama, sebab jarak (jarak) di antara kampas dengan teromol atau cakram.

Baca Juga :   Cara Modifikasi Motor Bagi Pemula

Saat ini kita akan ulas beberapa suara yang didengar di saat anda memakai kendaraan :

Kerusakan Pada Sistem

1. Suara gesekan yang paling keras (grinding/scratching)

Ini bermakna anda dalam permasalahan besar.. umumnya suara ini muncul karena kampas rem telah habis, dan suara yang didengar ialah suara gesekan di antara besi kampas rem dengan teromol atau mungkin dengan cakram.

Kerusakan karena gesekan ini tidak bisa diperbarui dan anda perlu mengambil kantong yang dalam untuk membayar seperangkat kampas rem dan teromol atau mungkin dengan cakram.

Untuk menghindariinya, kerjakan pengujian rem secara periodik, tukar kampas rem jika ketebalannya minimum 1mm untuk kampas rem belakang teromol, dan 3mm untuk kampas rem depan cakram.

2. Rem berasa menarik ke kanan atau ke kiri (brake pulls)

Ini bermakna ada kebocoran pada salah satunya kaliper rem, untuk ketahui sisi mana ini triknya, jika rem berasa menarik menuju kanan bermakna kebocoran terjadi pada rivalnya yakni di samping kiri, sebab kaliper samping kiri tidak sanggup memberi penekanan yang sama yang kanan (ini bisa disimpulkan terjadi kebocoran di samping kiri) demikian demikian sebaliknya.

Anda sudah tahu tanda-tanda yang kerap dirasakan pada mekanisme rem, yakinkan anda diskusi dengan teknisi professional saat sebelum anda coba melakukan sendiri, sebab kekeliruan pada mekanisme rem bisa berpengaruh kecelakaan yang paling fatal bahkan juga kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here