Kenali Perbedaan Isi Angin Ban Dengan Nitrogen Dan Biasa

0
166

Kenali Perbedaan Isi Angin Ban Dengan Nitrogen Dan Biasa agar masbro tak salah dalam menafsirkan manfaat serta kegunaannya. Karena saat angin terisi kedalam ban, maka akan membuatnya mampu mengatur tekanan serta permukaan  tetap menempel utuh.  Dengan tekanan angin yang sesuai serta tetap, mampu membuat ban awet serta tidak cepat gundul.

Kini Anda pasti seringkali melihat tempat untuk mengisi angin ban, baik itu yang biasa atau pun nitrogen. Banyak spbu atau pom bensin yang menyediakan alat atau fasilitas tambahan untuk mengisi angin. Dan tak sedikit pula stand atau pun kios yang menyediakan isi angin nitrogen.

Kios pengisian nitrogen kini dengan mudah Anda temukan dibanyak spbu terutama di kota besar. Hal ini menunjukkan bahwa telah banyak pengendara yang menyadari akan kelebihan yang dimiliki oleh angin nitrogen ini. Karena manfaat yang dimilikinya untuk ban jauh lebih besar ketimbang dengan angin biasa.

Nitrogen adalah sebuah gas yang tidak mempunyai kandungan air serta merupakan jenis yang telah tersaring. Walaupun nitrogen tak mempunyai kandungan air, akan tetapi suhunya justru lebih dingin. Dengan Anda isi angin ban dengan nitrogen,  maka ban dapat lebih terisi komposisi udaranya serta lebih ringan.

Berbeda jika Anda mengisi angin biasa, maka ada terasa perbedaannya pada kekuatan serta ketahanan ban. Kandungan air yang ada saat mengisi angin biasa, dapat menguap jika terkena suhu panas.  Kondisi seperti ini membuat tekanan air yang ada berubah menjadi air, sehingga menambah berat atau bobot ban. Hal inilah yang membuat ban cepat botak atau pun sobek ketiak sedang dijalan.

Jika kondisi ban seperti ini, apalagi Anda yang hampir tiap hari berada di jalan tentulah sangat merepotkan dan membebankan. Sehingga penggunaan nitrogen menjadi alternatif terbaik saat ini. Tak heran jika Anda menemukan banyak tempat pengisian angin ban dengan nitrogen di spbu atau pun pinggir-pinggir jalan.

Untuk lebih mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh angin nitrogen ini serta pengaruhnya terhadap ban motor, maka Anda perlu mengetahui beberapa hal dibawah ini.

  • Dengan Anda isi angin ban menggunakan nitrogen, maka akan lebih tahan lama dan awet, tak perlu sering mengisi lagi.
  • Karena tak ada kandungan air, membuat ban menjadi lebih ringan bobotnya sehingga dapat lebih hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.
  • Karena ban terisi penuh dan rata, membuat tekanan menjadi lebih stabil. Hal ini menjadikan daya cemhkram ban pada aspal jauh lebih kuat serta aman saat melaju di kecepatan.
  • Dengan tidak adanya kandungan air, membuat ban tidak cepat sobek serta velg pun terhindar dari karat.

Itulah beberapa hal yang menjadi kelebihan dari isi angin ban dengan nitrogen. Walau pun lebih mahal sedikit tapi manfaat yang diterima jauh sangat besar dibandingkan dengan angin biasa. Sekarang pilihan ada di Anda, hendak mengisi dengan angin biasa ataupun nitrogen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here