Cara Membedakan Oli Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Oli Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Oli Asli Dan Palsu, Aufaproject46.com Hallo Masbro, Memang peran oli ini bagi kendaraan bermotor sangat lah krusial.setiap kendaraan bermesin pasti membutuhkan suku cadang. dengan jutaan kendaraan di dunia khusunya indonesia semua nya menggunakan suku cadang.

Hal ini membuat para menjamurnya produsen suku cadang ini ada yang legal dan juga ilegal. makanya dari itu anda harus berhati hati dalam memilih suku cadang bagi kendaraan anda. sebab sekarang ini banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual oli palsu dengan harga yang sangat terjangkau. bijak bijak lah dalam menentukan oli yang terbaik bagi kendaraan anda.

Peran oli bagi kendaraan sangat lah penting sebab oli merupakan sistem pelumas bagi mesin maupun komponen yang lain nya agar satu sama lain tidak cepat rusak karena sering bergesekan. bila anda salah dalam memilih jenis oli misal oli palsu di khawatirkan nantinya mesin atau pun komponen lainya akan mudah sekali rusak.

Sebab biasanya para oknum menjualnya dengan kualitas yang sangat buruk dan sudah tidak layak pakai. rata rata penjual oli palsu memanfaatkan oli bekas yang selanjutnya di produksi ulang kemudian di packing dengan wadah oli yang bermerk. sebenarnya ada cara yang sangat mudah dalam mengenali jenis oli palsu.

Cara Membedakan Oli Asli

Yaitu dengan cara ketika anda membeli oli baru dengan merk tertentu tetapi penjual menawarkan dengan harga sangat murah berbeda dengan harga oli pada umumnya. padahal itu merk ternama. dari kejadian tersebut mestilah anda nampak curiga karena ada yang janggal soal harga. dan sebaiknya urungkan niat anda ketika membeli oli saat mendapati pengalaman seperti ini.

Selain cara di atas tentu masih banyak cara dalam mengenali jenis oli asli atau palsu. sebab saat ini para oknum licik sudah cukup berani mengemas oli palsu mereka dengan merk oli ternama. makanya dari itu anda harus bijak bijak dalam memilih nya. Nah berikut ini ada beberapa cara atau tpis membedakan anatar oli asli atau oli palsu

  • Segel Atau Lebel Masih utuh

Membuat sebuat produk palsu itu bukanlah suatu hal yang mudah, kebanyakan dari mereka yang membuat produk palsu itu berusaha menekan biaya produksi seirit mungkin untuk meraup ke untungan yang lebih besar

Oleh sebab itu, lebal yang terdapat pada kemasan oli palsu tersebut akan terlihat berbeda, bahkan terlihat lebih jelek di banding dengan lebel produk aslinya. Dalam hal ini anda memang harus mengerti tentang packaging dari botol oli tersebut,

Gunanya, untuk menyimpulkan apakah oli tersebut asli atau malah palsu, oli palsu biasanya menggunakan sticker bontak standar untuk melebel botol kemasannya. sedangkan produk oli yang asli itu biasanya menggunakan sticker berbahan vinyl yang labih kuat.

  • 2. ID pada Tutup Botol

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika ingin mengenali jenis oli palsu ialah dengan cara memastikan bahwa seal masih utuh atau tidak rusak pada tutup botol. sebab bila seal sudah nampak sobek atau pun rusak. bisa di pastikan bahwa oli tersebut palsu meskipun berwadah merk ternama.

Produk oli yang asli biasanya terdapat nomer ID yang terletak pada tutup botol dan kemasan dari oli mesin, anda bisa cocokin antar kedua ID tersbut. jika kamu tidak menemukan nomer yang sama pada ID tersebut, bisa jadi oli tersebut adalah oli palsu

Setiap produsen oli bisanya sudah memiliki teknologi seal untuk tutup botol oli kemasanya. Sekali tutup botol itu dibuka, maka rusaklah seal dari tutup tersebut, Artinya ID yang tedapat pada tutup tersebut hanya bisa digunakan satu kali produksi oli,

  • 3. Pengunci Tutup Botol

Hal lain yang tidak bisa ditiru oleh para produsen oli palsu yaitu sistem penguncian pada tutup botol yang canggih seperti penguncian tutup botol yang asli, hal tersebut sampai saat ini masih belum bisa di tiru oleh para oknum pembuat oli palsu. Dangan hal ini tentunya akan lebih mudah bagi sampean sekalian untuk menilai asli tidak nya sebuah oli motor tersebut

  • 4. Botol Kemasan

Membedakan oli palsu selanjut nya yaitu bisa dilihat dari botolnya, tak sedikit loh para oknum – oknum pembuat oli palsu membeli botol oli yang bekas untuk menggunakanya kembali untuk wadah oli palsu mereka yang bakal di edarkan.

Jika anda melihat botol oli tersebut terlihat kusam dan jelek, bisa jadi itu salah satu dari oli KW alias palsu.

Perbedaan botol nya pun akan terlihat cukup signifikan, botol oli yang asli itu pasti akan terlihat lebih freesh dan lebih mulus di bansingkan dengan produk imitasinya. Lagi-lagi masbro harus sangat jeli dalam melihat kemasan oli tersebut.

  • 5 Harga Lebih Murah

Selanjutnya biasanya para penjual sedikit menawarkan jenis oli yang paling murah tetapi dengan merk terntentu pastinya ternama. sebaiknya ketika hal tersebut terjadi anda sebaiknya jangan tergiur ataupun jangan langsung membeli .

  • 6. Kode Produksi

Selanjutnya ialah dengan cara melihat ke bagian tulisan kode produksi. sebab biasanya para produsen oli asli telah melebelkan jenis kode produksi pada dua tempat yang berbeda hal ini di tujukan sebagai tanda pengenal bahwa oli tersebut adalah oli yang asli.

Dan hal yang perlu di perhatikan juga ialah bahwa kode produksi yang terdapat pada tutup botol dan juga badan botol tersebut sama tidak berbeda satu sama lain. dan bila anda mendapati kode produksi pada tutup dan badan botol tersebut berbeda maka bisa di pastikan oli tersebut ialah palsu.

Dan juga biasanya pada pada label oli yang asli terdapat hologram yang menjadi penanda bahwa oli tersebut asli. dan juga label yang di gunakan tersebut sangat lah berkualitas dan tahan lama. berbeda dengan lebel hologram yang di buat oknum pemalsu yang biasanya memiliki kualitas yang sangat buruk. sebab mereka tidak mau repot repot di karenakan harga dari membuat lebel ini juga bisa di bilang lumayan lah.

  • 7. Warna & Aroma

Yang terakhir cara yang bisa anda lakukan ketika membedakan oli palsu dan juga asli ialah dengan cara mengenali aroma dan juga warna yang terdapat pada oli. oli palsu biasanya berwarna kehitam hitaman. hal ini sangat berbeda jauh dengan warna yang oli asli. Untuk warnanya memang macam- macam sih, karena setiap ali memiliki teknologi sendiri – sendiri, dan hal itu akan mempengaruhi warna akhir darri sebuah produksi oli.

Sedangakan aroma biasanya oli palsu memiliki aroma yang khas yaitu seperti aroma knalpot( bau gosong) sedangkan oli asli biasanya memiliki aroma yang sangat sedap atau khas lah. itu saja sih cara yang bisa anda terapkan di rumah ketika hendak membeli oli. pastikan ya cara di atas di gunakan.

Kalau anda masih ragu atau mamang ketika hendak membeli oli di karenakan takut salah membeli oli palsu, maka di sarankan beli lah di distributor resmi oli. sebab biasanya di sana semua oli yang di jual adalah asli.

Semoga sedikit wawasan dan petunjuk di atas bermanfaat bagi anda semua tetap hati hati dan selalu waspada ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar