Alasan Dibalik Motor yang Tidak Menggunakan Mesin Diesel

0
90

Alasan Dibalik Motor yang Tidak Menggunakan Mesin Diesel. Pabrikan motor selalu berlomba- lomba untuk menampilkan produk motornya yang semakin bagus dan semakin terkini dengan kemudahan- kemudahan baru. Untuk yang sekarang ini pabrikan motor masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar yang akan mengisi sepeda motor mereka agar bisa berjalan sesuai fungsinya. Namun bukan tidak mungkin, kedepannya akan ada sepeda motor yang di desain menggunakan mesin diesel dan bisa bekerja secara optimal.

Ada dua macam mesin pembakaran yang biasa digunakan untuk kendaraan, yaitu bensin dan solar. Mesin bensin ini jelas membutuhkan busi untuk membantu proses pembakarannya. Sementara diesel bisa bekerja tanpa menggunakan busi, dan mengandalkan kompresi engine yang tinggi untuk menghasilkan pembakaran. Adapun keunggulan lain dari mesin diesel ini yaitu lebih tangguh dan lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Mesin bensin dan diesel biasanya digunakan dalam mobil. Sedangkan untuk sepeda motor lebih lazim menggunakan mesin bensin. Nah, apa sajakah alasan dibalik motor yang tidak menggunakan mesin diesel sebagai bahan bakarnya?

 

Dikutip dari berbagai sumber, sekitar 5 alasan mesin diesel tidak digunakan di sepeda motor.

  1. Mesin diesel pada dasarnya memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi daripada mesin bensin, sehingga mesin jenis ini tidak cocok jika digunakan pada sepeda motor yang berukuran kecil dan ramping.
  2. Mesin diesel disinyalir dapat menghasilkan lebih banyak getaran. Di mobil, efek ini masih bisa di atasi, namun pada sepeda motor jelas hal ini akan sangat mengganggu dan tidak memungkinkan.
  3. Pada putaran rendah mesin diesel memiliki torsi besar. Hal ini sangat tidak perlu pada sepeda motor dimana bobot sepeda motor jauh lebih ringan.
  4. Mesin diesel membutuhkan ruang besar untuk mendinginkan mesin dan juga lebih panas daripada mesin bensin sehingga tidak cocok jika digunakan untuk sepeda motor.
  5. Mesin diesel menggunakan teknologi turbocharger untuk memompa lebih banyak udara ke dalam silinder mesin, sehingga harga jual bisa lebih mahal dari pada mesin bensin.

Dahulu mesin diesel ini pernah juga dikembangkan untuk sepeda motor. Royal Enfield telah menerima varian motor diesel yang dijual dengan nama Taurus. Royal Enfield Taurus ini mulai dijual pada sekitar tahun 80-an. Taurus mengusung mesin diesel 325 silinder 1 silinder dengan output daya 6,5 ​​hp dan torsi 15 Nm.

Demikian informasi tentang alasan di balik motor yang tidak menggunakan mesin diesel. Meskipun alasannya sudah sangat jelas, namun tidak menutup kemungkinan motor dengan mesin diesel akan terus dikembangkan sampai benar- benar bisa digunakan dan dipasarkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here