4 Rekomendasi Oli Motor Jadul, Hati-Hati Salah Pilih!

4 Rekomendasi Oli Motor Jadul, Hati-Hati Salah Pilih!

Otoriders.com – Motor yang lebih tua seringkali membutuhkan pelumas dengan kekentalan atau kekentalan yang lebih tinggi. Setidaknya beberapa rekomendasi oli motor tua yang solid.

Seperti yang kita ketahui bersama, pelumas biasanya dipilih berdasarkan kekentalannya. Ketebalannya sendiri terbagi menjadi tebal dan encer yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi mesin sepeda motor.

Penting untuk diingat bahwa definisi sepeda motor tua juga tidak selalu berdasarkan vintage. Karena umur sebenarnya kendaraan dihitung berdasarkan jumlah kilometer yang ditempuh. Sejalan dengan itu, biasanya sepeda motor tua diukur dengan mesin yang telah menempuh jarak puluhan ribu kilometer.

Keausan mesin sepeda motor sebenarnya bisa saja terjadi. Misalnya motor baru disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi 10W40 atau 5W40.

Tidak seperti motor yang banyak digunakan, motor ini telah menempuh jarak puluhan ribu kilometer. Adalah normal untuk menggunakan motor tua dengan SAE yang lebih tebal.

Tingkat keausan yang tinggi dapat menyebabkan gap atau celah antara piston dan bushing. Bila ada celah, oli yang lebih kental perlu digunakan untuk mengencangkan piston.

Oleh karena itu, pemilik mobil wajib untuk memeriksa bagian knalpot. Apakah itu menggelegak? Jika demikian, Anda harus menggunakan oli SAE yang lebih kental.

Tapi jangan pernah melebihi viskositas maksimum minyak pelumas. Katakanlah dari 5W40 ke 15W50. Ketika batas maksimum tercapai, tidak disarankan untuk meningkatkan SAE lagi.

Kondisi mesin tidak berubah saat pelumas kental digunakan. Anda harus segera mematikan mesin atau menservis seluruh kendaraan.

Berikut beberapa saran oli Motor Jadul yang bisa Anda gunakan:

Rekomendasi Oli Motor Jadul

1. Evalubi 4T Runner, Rekomendasu oli mesin Motor Tua

Rekomendasi oli mesin lama yang pertama, pemilik mobil bisa menggunakan Evalube 4T Runner. Ini karena pelumas ini menyediakan bahan dasar mineral berkualitas tinggi. Selain itu, mengandung enhancer viskositas tinggi untuk membuat oli lebih stabil.

Oli tersebut dikatakan cocok untuk sepeda motor yang dikendarai lebih dari 2.000 km. Oli memenuhi standar JASO MA2 API SF dan cocok untuk mesin empat langkah.

Evalube 4T Runner dengan kekentalan 20W-40 disebut-sebut cocok untuk motor berkapasitas 100cc hingga 250cc. Konsumen yang sudah mencobanya mengatakan bahwa semakin lama oli digunakan, semakin enak rasa sepeda motornya.

2. AHM Oil

Rekomendasi Oli Motor Jadul

 

Diskusikan rekomendasi oli motor terbaik anda selanjutnya, mungkin bisa menggunakan produk pelumas AHM Oil Series. Alasannya tentu karena pelumas ini cocok digunakan dengan lini sepeda motor Honda.

Jadi jika Anda memiliki sepeda motor tua merek Honda, Anda tidak akan kesulitan menggunakan produk AHM Oil. Pemilihan produk mencakup dua tipe, SPX dan MPX.

Setiap produk menawarkan kualitas yang berbeda. AHM Oil SPX menggunakan bahan full sintetik. MPX, sebaliknya, menggunakan oli mineral.

Khusus untuk motor lawas, sebaiknya pilih pelumas AHM Oil MPX yang menawarkan tiga varian. Oli ini dirancang khusus untuk motor Honda lawas yang membutuhkan kekentalan tinggi.

Soal harga, AHM Oil terbilang terjangkau. Biasanya, harga oil pack AHM Rp 40.000 per liter.

3. Yamahalube, Oli Motor Jadul Yamaha

Rekomendasi Oli Motor Jadul
Rekomendasi Oli Motor Jadul

Pengguna sepeda motor Yamaha yang lebih tua? Rekomendasi oli mesin lama selanjutnya adalah Yamahalube. Pelumas ini merupakan oli yang dikeluarkan oleh produsen garpu tala.

Sepeda motor Yamaha hadir dalam berbagai pilihan, termasuk model dua tak yang lebih tua. Selain motor jadul, ada juga sederet skutik Yamaha, dan direkomendasikan Yamalube Super Matic.

Oli yang dibandrol dengan harga Rp 66.500 ini terbuat dari bahan full sintetis. Yamalube Super Matic mengandung partikel molybdenum untuk mencegah gesekan mesin. Pelumas ini memaksimalkan tenaga di setiap rentang putaran mesin.

Jika Anda memiliki motor sport Yamaha, seperti R15, R25, MT-15, dll, Anda bisa mencoba Yamalube RS4GP dengan kekentalan SAE 10W-40. Pelumas ini dirancang untuk membuat perpindahan gigi menjadi lebih mulus, meminimalkan getaran, dan memaksimalkan performa motor. Yamalube RS4GP mulai dari Rp 172.000.

Pengguna motor dua tak Yamaha tak perlu khawatir tak punya oli samping. Yamalube juga memiliki produk untuk mesin motor dua tak seperti RX-King. Harganya Rp 39.000 dalam spesifikasi semi-sintetis.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda memilih pelumas yang tepat untuk kebutuhan kendaraan Anda.

Anda tentunya tidak bisa mengabaikan Federal Oil dalam memilih oli motor terbaik di Indonesia. Perjalanan federasi di Indonesia juga cukup panjang. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, karena Federation sebelumnya telah bermitra dengan produsen sepeda motor Honda.

4. Federal Oil

 

Sebagai rekomendasi oli motor lawas, mungkin bisa menggunakan rangkaian Federal Oil. Sebab, kiprah Petronas di Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Rangkaian produk Federal Oil dikenal dengan label harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin.

Lini produk yang sangat diminati di pasaran adalah Federal Oil Supreme XX 30 dengan viskositas tinggi dan dukungan teknologi baru. Kabarnya produk tersebut juga cocok untuk motor-motor tua yang beredar di Indonesia.

Oli ini bekerja dengan baik di ruang mesin, membuat performa sepeda motor lebih baik dan menjaganya tetap dalam kondisi prima.

Bagaimana cara mengetahui rekomendasi oli motor jadul anda? mana yang bisa digunakan? Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

 

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Otomotif46. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...